Info Kecantikan

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Supaya Kulit Tampak Lebih Mulus

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Supaya Kulit Tampak Lebih Mulus

Tonjolan-tonjoloan di wajah adalah hal yang paling menyebalkan bagi wanita. Bahkan masalah pada kulit satu ini bisa menyebabkan penampilan rusak meski sudah dandan habis-habisan. Tonjolan di kulit berupa jerawat atau komedo bisa terjadi pada wanita maupun pada pria. Jika tidak segera diatasi, komedo bisa semakin parah dan semakin sulit untuk dihilangkan. Penyebab munculnya komedo adalah menumpuknya sel-sel kulit mati pada permukaan kulit sehingga menutupi pori-pori wajah. Pori-pori yang tertutup menyebabkan munculnya tonjolan putih atau hitam yang kasar. Berikut beberapa tips menarik untuk menghilangkan komedo secara alami

Tips dan trik membersihkan komedo secara alami

  • Bersihkan wajah dengan air hangat. Jika Anda baru melakukan aktifitas yang membuat wajah ditempeli kotoran, lumpur dan sebagainya, bersihkan secara maksimal dengan toner.
  • Tempelkan plester komedo di atas permukaan hidung sesuai petunjuk kemasannya. Biasanya, Anda akan diminta membasahi hidung, menempelkan plester dengan rapi, menunggu hingga plester terasa kering, lalu mencabutnya dengan cepat.

Plester komedo

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Supaya Kulit Tampak Lebih Mulus
Plaster Komedo
Setelah mencabut plester, cuci hidung dengan air. Oleskan scrub wajah di permukaan kulit (fokuskan pada daerah yang berkomedo) lalu gosok dengan gerakan memutar perlahan.

Anda bisa tutup perawatan ini dengan masker yang mengandung bahan bengkoang, lemon, tea tree oil, ketimun, jeruk nipis atau beras, yang fungsinya adalah mencerahkan sekaligus mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Diamkan selama 10-15 menit.


Masker ketimun menyerap minyak berlebih

Cuci wajah dengan air hangat dan sabun wajah lembut.
Setelah melakukan pembersihan, Anda akan merasa kulit lebih lembut dan daerah yang berkomedo menjadi lebih mulus.
Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Supaya Kulit Tampak Lebih Mulus
Masker Ketimun

Apakah membersihkan komedo secara alami efektif?

Komedo merupakan masalah yang sering terjadi pada mereka yang memiiki kulit sangat berminyak, jadi jika kulit Anda kondisinya sedemikian rupa, mustahil benar-benar menghilangkan komedo. Cara membersihkan komedo yang biasa hanya menghilangkan komedo untuk sementara, namun penumpukan minyak dan kotoran di dalam pori bisa membuat komedo muncul lagi. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan hanya mengurangi kemungkinan munculnya komedo serta mencegah agar komedo tidak muncul terlalu banyak.
Jika Anda ingin mengurangi kemunculan komedo, ada baiknya selalu menjaga kondisi kulit wajah agar minyak dan kotoran tidak menumpuk di dalam pori-pori kulit, terutama jika kulit Anda sangat berminyak. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah 2 kali sehari, dan hindari tidur dengan wajah kotor. Usahakan untuk tidak sering-sering menggunakan kosmetik tebal, dan jika menggunakannya, bersihkan dulu dengan toner sebelum disambung sabun.

Bersihkan wajah secara teratur untuk mencegah komedo

Tambahan :

Jika kulit wajah Anda sedang berkomedo, sebaiknya hindari menggunakan make up yang terlalu tebal terutama produk foundation dan bedak padat. Foundation dan bedak padat bersifat menutupi pori wajah agar wajah terlihat lebih mulus, hal ini akan semakin menyulitkan kulit untuk bernapas dan komedo bisa semakin banyak. Selain itu hindari makanan yang berlemak tinggi karena lemak bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Meskipun sudah banyak produk kecantikan wajah dan salon yang menawarkan jasa menghilangkan komedo, tetapi menghilangkan komedo secara tuntas juga bisa Anda lakukan sendiri. Dengan melakukannya sendiri, Anda bisa menghemat lebih banyak uang dan tentunya lebih aman karena menggunakan bahan alami tanpa tambahan bahan kimia. Berikut adalah bahan-bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan jeruk orange. Vitamin C pada jeruk nipis mampu masuk ke dalam pori-pori kulit yang tertutup akibat komedo dan mengangkat komedo dari dalam, lalu bekerja mengecilkan pori-pori dan mencegah kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan sehingga komedo tidak kembali lagi. Cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis adalah dengan memeras satu buah jeruk nipis ke dalam wadah, kemudian tambahkan sedikit madu. Oleskan jeruk nipis ke area yang berkomedo sambil dipijat-pijat selama 5 menit. Bilas dengan air bersih.

Lidah buaya

Bagian lidah buaya yang digunakan adalah bagian dagingnya yang seperti gel bening. Gel pada lidah buaya ini biasanya digunakan untuk membuat rambut lebih indah dan lebat, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan-bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Lidah buaya banyak mengandung antioksidan yang bisa mempercepat regenerasi sel-sel kulit sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati di pori-pori. Gel lidah buaya yang sudah dicuci bersih kemudian usapkan pada wajah yang sebelumnya sudah dicuci. Biarkan gel selama 15 menit, lalu bilas dengan air biasa. Lakukan ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu agar komedo tidak kembali lagi.

Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga mengandung vitamin C yang berguna untuk mengangkat komedo dari pori-pori dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Lemon juga bisa mencerahkan wajah yang kusam dan membersihkan wajah dari kotoran sehingga tidak menutupi pori-pori. Caranya adalah dengan memotong satu buah lemon menjadi beberapa bagian, lalu oleskan pada area berkomedo yang sudah bersih. Diamkan lemon selama 3-4 menit lalu bilas dengan air bersih.

Daun jambu

Daun jambu kerap digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit dalam seperti asam urat dan diabetes. Hal ini karena daun jambu mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah sel cepat mati dan melancarkan regenerasi sel sehingga kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini dan komedo. Daun jambu juga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit wajah. Cara membuat daun jambu menjadi bahan-bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah adalah dengan mencuci bersih beberapa lembar daun jambu yang masih muda.  Daun jambu biji kemudian dihancurkan menggunakan blender dengan ditambahkan sedikit madu sampai benar-benar hancur. Kemudian daun yang sudah dihancurkan dioleskan di hidung untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.
Baca Juga : Biji Kopi Pilihan Untuk Kecantikan

Sekian dan demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Komedo di wajah supaya kulit tampak lebih mulus dari saya untuk anda para wanita yang sedang bermasalah dengan kulit wajah yang berkomedo,,